Tingkatkan Pengawasan, Karantina Pertanian Kupang Koordinasi dengan Bea Cukai

Berita - 27 Mar 2021 | 14:23:48 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Tingkatkan Pengawasan, Karantina Pertanian Kupang Koordinasi dengan Bea Cukai
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang (27/03) - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pengawasan lalu lintas Media Pembawa (MP), Karantina Pertanian Kupang adakan koordinasi dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Kupang di Dermaga Pelabuhan Tenau, Kupang.

Koordinasi dilakukan langsung di atas Fast Patrol Boat 28M (FPB) BC Tanjung Priok yang sedang sandar oleh Subkoordinator bidang Pengawasan dan Penindakan, Khaeruddin. Koordinasi ini diharapkan dapat membenahi prosedur perkarantinaan terhadap barang-barang impor, ekspor dan antar area yang dikirim melalui Pos dan/atau Jasa Titipan. Sehingga dapat meningkatkan pengawasan terhadap lalulintas MP di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Badan Karantina Pertanian telah berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Bea Cukai dalam kemudahan kepada pelaku usaha melalui single submission (SSm) dan pemeriksaan bersama guna meningkatkan efektivitas pengawasan lalulintas MP ," Ujar Heru, Subkoordinator Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Kupang.

“Sinergitas bersama di lapangan untuk menunjang pengawasan terkait lalu lintas komoditas pertanian antarnegara sebagai upaya terlaksananya amanah UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. Oleh karenanya, tak hanya Pejabat Karantina serta Bea Cukai saja yang melakukan pengawasan, namun masyarakat juga dimohon turut melaksanakan kepatuhan karantina. ", tambah Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang.

Jangan Lupa untuk selalu #LaporKarantina ya SobatQ, agar lalulintas komoditas pertanian yang masuk dan keluar Indonesia tetap aman dan sehat.

#PatuhKarantina
#KarantinaPertanianKupang