Tanaman Porang Menjadi Primadona Ekspor, Katak Porang Pulau Alor Semakin Diburu

Berita - 30 Jun 2021 | 12:08:43 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Tanaman Porang Menjadi Primadona Ekspor, Katak Porang Pulau Alor Semakin Diburu
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

SobatQ, Tanaman porang menjadi komoditas primadona di pasar ekspor, seiring dengan kenaikan popularitas tersebut, bibit tanaman porang juga semakin diburu. Tanaman porang bisa dibudidaya dengan menggunakan umbi, katak atau bulbil dan biji dari tandan bunga. Bibit berupa katak atau bulbil merupakan tonjolan berwarna coklat, berbentuk bulat yang tumbuh di bagian daun tanaman porang sehingga disebut juga umbi daun. Bibit porang berupa katak bisa dikatakan minim resiko gagal jika ditanam.

Alor (24/06), Sebanyak 1.020 kg katak porang dan 42 kg biji dari tandan bunga porang akan dilalulintaskan menuju Surabaya dengan menggunakan alat angkut KM. Awu. Pejabat Karantina Tumbuhan di Wilayah Kerja Alor melakukan pemeriksaan fisik terhadap bibit tanaman porang tersebut.

"Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, komoditas ini dipastikan dalam kondisi baik dan layak. Jenis maupun jumlahnya pun kami periksa dan telah sesuai sehingga dapat diterbitkan Sertifikat Kesehatan Antar Area (KT-12)" ungkap Muna, Analis Perkarantinaan Tumbuhan di Wilker Alor.

Ayo SobatQ lapor karantina. Jangan lupa untuk melaporkan setiap komoditas pertanian yang akan dilalulintaskan kepada Pejabat Karantina setempat.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang