Tak Dilengkapi Dokumen, Si Manis Ditolak Memasuki Pulau Sumba

Berita - 22 Feb 2022 | 12:21:27 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Tak Dilengkapi Dokumen, Si Manis Ditolak Memasuki Pulau Sumba
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Siapa yang tidak tahu kucing, hewan lucu nan imut ini selalu menjadi pilihan manusia untuk menjadi peliharaan. Bagi kebanyakan orang, kucing sudah dianggap menjadi bagian dari keluarga, dan uniknya hewan ini memiliki tingkat kepintaran yang mirip dengan anjing dalam mengenali pemiliknya. Namun faktanya, si lucu dan imut ini memiliki beberapa penyakit yang dapat menularkan ke manusia.

Waikelo (19/2) datang dari Bima dengan mengarungi lautan luas, si lucu nan imut ini harus ditahan oleh Pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja Waikelo karena tidak membawa dokumen dari daerah asal. Kucing lucu ini digiring ke kantor karantina untuk dilakukan tindakan penahanan dan kemudian selanjutnya ditolak kembali ke daerah asal.

"Kami berikan pengarahan dan kami lakukan penahanan serta penolakan untuk kucing tersebut karena tidak membawa dokumen dari daerah asal," ungkap Vera Lobo selaku Dokter Hewan Karantina Wilayah Kerja Waikelo.

Ditempat terpisah Kepala Karantina Pertanian Kupang mengatakan, "Media pembawa yang tidak dilengkapi dokumen akan berpotensi membawa HPHK dan dapat mengancam daratan Pulau Sumba. Saya berharap semua pejabat karantina di wilayah kerja meningkatkan dan memperketat pengawasan."

SobatQ, ancaman HPHK itu nyata dan dapat merugikan banyak kalangan, pastikan selalu #LaporKarantina ya!

#KarantinaPertanianKupang