Sebelum Didistribusi, Beras Asal Bone Diperiksa Karantina Pertanian

Berita - 23 Jun 2021 | 11:12:08 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Sebelum Didistribusi, Beras Asal Bone Diperiksa Karantina Pertanian
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Wini (22/06), Sebanyak 30 ton media pembawa berupa beras asal Kabupaten Bone, Sulawesi melalui Pelabuhan Laut Tuju Tuju tiba di Pelabuhan Laut Wini menggunakan kapal KLM. Surga Mulia 02. Beras tersebut akan didistribusikan ke Kabupaten Timor Tengah Utara dan sekitarnya guna memunuhi kebutuan pokok masyarakat.

Sebelum didistribusikan bapak Ansar pemilik media pembawa melaporkan dan menyerahkan kepada pihak Karantina Pertanian untuk dilakukan tindakan karantina. Selanjutnya oleh Pejabat Karantina dilakukan tindakan berupa pemeriksaan visual dan kesesuaian keabsahan sertifikat kesehatan dari daerah asal. “Setelah kami lakukan tindakan karantina, dipastikan beras tersebut telah memenuhi persyaratan karantina, dan siap didistribusikan," ujar Vinsensius selaku Pejabat Karantina Tumbuhan yang bertugas.

SobatQ, dalam melalulintaskan media pembawa kita diwajibkan untuk melengkapi dan memenuhi persyaratan karantina pertanian yaitu melalui pintu pemasukan dan pengeluaran yang ditetapkan oleh pemerintah, dilengkapi sertifikat kesehatan dari daerah asal dan diserahkan ke pejabat karantina. Dengan melakukan tiga hal tersebut kita turut serta melindungi negeri dari Organisme Penganggu Tumbuhan Karantina dan Hama Penyakit Hewan Karantina.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang