Sabuk Nusantara 108 Sandar, Karantina Pertanian Kupang Lakukan Pengawasan

Berita - 23 Jun 2021 | 10:58:00 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Sabuk Nusantara 108 Sandar, Karantina Pertanian Kupang Lakukan Pengawasan
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Atapupu - Sabuk Nusantara 108 merupakan salah satu kapal Tol Laut yang mengarungi lautan dari pulau ke pulau yang membawa penumpang maupun produk pertanian. Jumat (18/6), Pejabat Karantina bergegas melakukan tindakan karantina terhadap alat angkut dan produk pertanian yg dibawa oleh penumpang Sabuk Nusantara dari dan ke Alor yang sandar di Pelabuhan Atapupu.

Tindakan karantina yang dilakukan yaitu pengawasan dan pemeriksaan. Sebanyak 140 kg tomat, 50 kg buah pinang, 250 kg beras, 50 kg jagung dan 50 kg brokoli dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan dari daerah asal. Tidak hanya produk pertanian yang berada di palka kapal, produk pertanian yang dibawa oleh penumpang berupa tentengan juga tidak lepas dari pengawasan dan pemeriksaan Pejabat Karantina.

Yulius Umbu Kepala Karantina Pertanian Kupang menyatakan setiap alat angkut dan penumpang yang membawa produk pertanian harus selalu dilakukan pengawasan dan pemeriksaan. “Saya berharap setiap Pejabat Karantina Pertanian Kupang yang bertugas di wilayah kerja masing-masing selalu melakukan pemeriksaan dan pengawasan setiap alat angkut dan barang bawaan penumpang yang membawa produk pertanian guna mencegah Hama Penyakit Hewan dan Organisme Penganggu Tumbuhan yang dapat merugikan masyarakat," pungkas Yulius Umbu Hunggar.

SobatQ, pastikan selalu lapor karantina agar produk pertanian yang anda bawa aman dan sehat untuk dikonsumsi.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang