Ribuan Anak Ayam Diekspor Karantina Pertanian Kupang

Berita - 24 Sep 2022 | 09:40:03 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Ribuan Anak Ayam Diekspor Karantina Pertanian Kupang
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang (08/02) Pejabat Karantina Kupang dengan sigap melakukan pemeriksaan terhadap 16,3 ribu ekor anak ayam umur sehari atau yang sering di sebut Day Old Chiken (DOC) yang akan di ekspor ke Timor Leste pada keesokan harinya. Pos Lintas Batas Negara RI -RDTL Motaain menjadi tempat pintu pengeluarannya. Selama dilakukan pemeriksaan DOC tersebut dalam keadaan sehat, tidak cacat dan telah tervaksin. Sedangkan pemeriksaan dokumen seluruhnya dinyatakan benar, sah dan lengkap.

Selain pemeriksaan fisik dan dokumen, pejabat karantina juga melakukan pemeriksaan alat angkut yang berupa mobil box dan truck yang memiliki kipas khusus DOC. Hal ini dilakukan guna menentukan alat angkut tersebut layak digunakan atau tidak. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat kondisi kebersihan, kapasitas dan kecepatan putaran kipas angin yang harus berada pada kisaran 1.200-1.500 rpm. Kondisi alat angkut yang sesuai akan menunjang kesejahteraan hewan, sehingga menurunkan tingkat stress yang menjadi salah satu pemicu kematian pada DOC dalam perjalanan.

Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang menyampaikan bahwa, "Karantina Pertanian Kupang siap dan selalu mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional yang salah satunya adalah peningkatan ekspor, hal ini kami buktikan dengan kinerja kami sebagai pejabat karantina pertanian yang selalu siap memberikan pelayanan prima, pengawasan serta tindakan karantina pada setiap komoditi pertanian yang dilalulintaskan baik antar area maupun ekspor impor".

Mari laporkan semua hewan, tumbuhan maupun produknya yang akan dilalulintaskan baik melalui pelabuhan maupun bandara yah SobatQ.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang