Ratusan Ekor Sapi Timor Siap Penuhi Kebutuhan Jelang Idulfitri

Berita - 01 Nov 2021 | 14:09:53 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Ratusan Ekor Sapi Timor Siap Penuhi Kebutuhan Jelang Idulfitri
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Sapi Bali merupakan sapi hasil domestikasi dari banteng asli Indonesia yang memiliki keunggulan dalam daya reproduksi, daya adaptasi dan persentase karkas yang tinggi.

Sapi Bali mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh sapi dari bangsa lainnnya dan merupakan sumber daya genetik asli Indonesia yang perlu dijaga dan dipelihara kelestariannya sehingga dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Selasa (4/5), sapi sejumlah 500 ekor berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Ferry Bolok menuju Surabaya menggunakan kapal KMP. Lakaan.

Sapi yang dikirim tersebut telah dilakukan tindakan karantina berupa pemeriksaan fisik dan pengambilan sampel darah untuk dilakukan pengujian lebih lanjut di laboratorium. Hasil tindakan karantina tersebut dinyatakan sapi sejumlah 500 ekor sehat, bebas Brucellosis dan layak untuk diberangkatkan menuju Surabaya.

"Sejumlah 500 ekor sapi telah dinyatakan sehat sehingga kami terbitkan sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11) yang menjadi syarat masuk ke daerah Surabaya sebagai pemasok kebutuhan jelang idulfitri nanti," ujar Thobias selaku Pejabat yang bertugas.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang