Ratusan Ekor Sapi Timor Berlayar ke Samarinda

Berita - 03 Jul 2021 | 12:57:46 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Ratusan Ekor Sapi Timor Berlayar ke Samarinda
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu lumbung ternak terbesar di Indonesia. Tujuan utama pengiriman sapi potong asal NTT adalah Kalimantan dan Pulau Jawa. Berdasarkan data IQfast Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Wini bulan Juni 2021, NTT telah mengirim sebanyak 1.742 ekor sapi potong tujuan Kalimantan dan 1.648 ekor ternak lainnya tujuan Sulawesi.

Wini, (29/06) sebanyak 692 ekor sapi potong asal Pulau Timor dikirim ke Samarinda, Kalimantan Timur menggunakan kapal KM. Andre. Berangkat dari pelabuhan laut Wini tanggal 30 Juni, diperkirakan kapal akan tiba di Pelabuhan Samarinda pada tanggal 3 Juli 2021.

Sebelum dikirim ke Samarinda, sapi potong tersebut telah melalui tindakan karantina berupa pemeriksaan kesehatan dan dokumen, pengasingan pada Instalasi Karantina Hewan, serta pengambilan sampel darah untuk memastikan sapi-sapi tersebut bebas dari penyakit Brucellosis. Brucellosis sendiri merupakan penyakit infeksi akibat bakteri Brucella yang umumnya terjadi pada hewan ternak, seperti sapi, domba dan kambing.

Ditempat terpisah, Kepala Karantina Pertanian Kupang, Yulius Umbu Hunggar mengungkapkan, “Pejabat karantina Kupang yang bertugas telah memastikan media pembawa berupa sapi bebas Brucellosis, sehat dan layak untuk diberangkatkan”.

SobatQ, mari lindungi negeri bersama karantina pertanian, jangan lupa lapor karantina ya.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang