Ratusan Bunga Potong Indonesia Harumkan Timor Leste

Berita - 21 Feb 2022 | 12:44:18 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Ratusan Bunga Potong Indonesia Harumkan Timor Leste
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Bunga Potong adalah bagian kuntum bunga atau kelopak bunga beserta batang bunga yang telah dipotong dari tanaman yang tumbuh di tanah, umumnya dimasukkan ke dalam vas berisikan air sebagai hiasan.

Mota'ain (17/2), sebanyak 930 tangkai bunga potong asal Indonesia diperiksa Pejabat Karantina Pertanian Kupang. Ratusan bunga potong ini akan dikirim ke Timor Leste melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain.
 
Ratusan bunga ini terdiri dari bunga lili, krisan, rosas, pukis, ruskus, aster, dan pikok. Pemeriksaan karantina meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan dokumen berupa Import Permit dari negara tujuan.

"Ekspor bunga potong kali ini sejumlah 930 tangkai dengan total nilai 10 juta rupiah. Setelah dilakukan pemeriksaan baik fisik maupun kelengkapan dokumen maka kami terbitkan phytosanitary certificate atau sertifikat kesehatan tumbuhan," ujar Dian Sugiana, Pemeriksa Karantina Tumbuhan Terampil yang bertugas.

Yulius Umbu Hunggar, Kepala Karantina Pertanian Kupang menyatakan bahwa meningkatnya ekspor hewan, tumbuhan, maupun produknya di tahun 2022 dapat mendukung pemulihan ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). “Karantina Pertanian Kupang siap mendampingi petani dan eksportir bunga potong untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya wilayah NTT di tengah pandemi COVID-19 saat ini," ungkap beliau.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang