Puluhan Ton Kedelai Diekspor ke Timor Leste

Berita - 24 Mar 2019 | 13:13:12 WITA

Diposting Oleh : drh. Yulius Umbu Hunggar


Puluhan Ton Kedelai Diekspor ke Timor Leste
Pemeriksaan Ekspor Kedelai ke Timor Leste

Puluhan Ton Kedelai Diekspor ke Timor Leste

Siapa yang tidak mengenal kedelai? Komoditas pertanian yang kaya akan protein nabati dan disukai oleh semua kalangan. Tidak hanya sebagai bahan dasar makanan, kedelai juga sering dijadikan bahan dasar bumbu dan juga minuman kaya nutrisi.

Kupang - Selasa lalu (19/3) petugas Karantina Kupang wilayah kerja (Wilker) Pos Lintas Batas (PLBN) Mota'ain melakukan pemeriksaan terhadap kedelai yang akan diberangkatkan menuju Negara Timor Leste. Dian Sugiana dan Wayan Yogi memeriksa 29,5 ton kedelai atau senilai 206.500.000 rupiah.

Pemeriksaan yang dilakukan mencakup dokumen dan fisik. "Pemeriksaan ini kami lakukan untuk memastikan bahwa benar kedelai di dalam truk yang akan diekspor ke Timor Leste. Kedelai ini sehat jika dilihat dari bentuk fisiknya. Kita juga memastikan jumlah dan volume yang dilaporkan sama dengan yang akan diberangkatkan," ujar Dian.

"Setelah semuanya sesuai dan persyaratan lengkap kami bisa menerbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan. Kedelai dapat melintas menuju Timor Leste," tambahnya kemudian.

Dukung akselerasi ekspor komoditas pertanian yuk SobatQ. Bagaimana caranya? Ya, dengan lapor karantina setiap bepergian ke Luar Negeri membawa produk pertanian.

#LaporKarantina????????
#KarantinaKupang