Perdana Ribuan Ekor DOC Layer Diekspor ke Timor Leste

Berita - 17 Feb 2022 | 13:05:19 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Perdana Ribuan Ekor DOC Layer Diekspor ke Timor Leste
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang - Sebanyak 3000 ekor Day Old Chick (DOC) layer atau anak ayam umur sehari berjenis ayam petelur diperiksa Pejabat Karantina Pertanian Kupang (16/2). DOC layer ini akan diekspor ke Timor Leste melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain.

DOC yang memiliki ras layer ini diekspor ke Timor Leste sesuai dengan permintaan untuk memenuhi kebutuhan pangan di negara tersebut. Pemeriksaan karantina meliputi  pemeriksaan fisik juga kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan berupa Surat Keterangan Kesehatan Hewan dan Import Permit.

Pemeriksaan fisik pada DOC ini dinyatakan sehat dan layak di lalulintaskan, sedangkan pada pemeriksaan dokumen persyaratan di nyatakan sah, benar dan lengkap. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut maka Karantina Pertanian Kupang menerbitkan Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11). "DOC tersebut sudah dinyatakan sehat dan siap untuk melanjutkan perjalanannya menuju Timor Leste," ujar Nina Liban selaku Penanggung Jawab Wilker PLBN Motaain sekaligus dokter hewan karantina yang bertugas.

Ekspor DOC jenis layer kali ini merupakan kegiatan perdana di tahun 2022 melalui PLBN Motaain, yang bernilai 30 juta rupiah. "Harapan kami semoga ekspor hewan, tumbuhan, maupun produknya di tahun 2022 ini terus meningkat jumlah maupun jenisnya, sebagai salah satu penunjang peningkatan ekonomi masyarakat," ujar Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang