Pemeriksaan Karantina Pertanian Kupang pada Ekspor Ayam Madenan

Berita - 31 Jan 2022 | 12:39:46 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Pemeriksaan Karantina Pertanian Kupang pada Ekspor Ayam Madenan
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Mota'ain (26/1), Pejabat Karantina Kupang Wilayah Kerja (Wilker) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain melakukan salah satu tindakan karantina yaitu pemeriksaan terhadap ayam madenan yang akan di ekspor ke Timor Leste.

Ayam madenan memang belum lama mulai ekspor ke Negara Timor Leste, namun dari berjalannya waktu permintaan untuk ayam madenan ini ternyata sangat meningkat hingga saat ini. Bahkan puncaknya yaitu pada hari Rabu (26/1) sebanyak 70 ekor ayam berjenis madenan ini dikirim ke negara tetangga.

Ayam madenan merupakan ayam aduan yang sangat diminati oleh Negara Timor Leste karena selain ayamnya yang agresif, ayam ini juga petarung taji yang tidak takut mati, sangat tangkas dan memiliki lompatan yang tinggi. Ayam ini merupakan salah satu ayam dengan ciri petarung taji terunggul asal Bali.

Pejabat Karantina juga memastikan ayam tersebut sehat serta bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK). Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, langkah selanjutnya yaitu dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, kemudian diberi tindakan pembebasan serta menerbitkan Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11) sehingga ayam tersebut bisa diekspor.

"Ayam madenan sebanyak 70 ekor ini merupakan ekspor yang kesekian kalinya. Ayam tersebut sehat dan layak untuk dilalulintaskan," ujar drh. Nina Liban selaku Penanggung Jawab Wilker PLBN Mota'ain sekaligus dokter hewan yang bertugas.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang