Karantina Pertanian Kupang Serahkan Kakaktua Jambul Kuning ke BBKSDA NTT

Berita - 01 Nov 2021 | 14:13:16 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Karantina Pertanian Kupang Serahkan Kakaktua Jambul Kuning ke BBKSDA NTT

Kupang - Karantina Pertanian Kupang lakukan penyerahan Burung Kakaktua Jambul Kuning sebanyak 47 ekor kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT Jumat lalu ( 29/8). Penyerahan ini dilakukan untuk mengembalikan burung Kakatua ke habitatnya di Taman Wisata Alam Pulau Menipo.

Benny Aprissa, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan bersama Siti Rofiah, Kepala Seksi Karantina Hewan menyerahkan burung Kakatua yang baru saja tiba di Bandara Eltari, Kupang kepada Timbul Batubara, Kepala BBKSDA NTT. Serah terima ini disaksikan oleh Pejabat Karantina lainnya dengan tetap mematuhi protocol covid-19.

Sebelum diserah terimakan, Susanto Nugroho selaku dokter hewan karantina dan Pejabat Karantina lainnya lakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan pemasukan. Diantaranya Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11) dari daerah asal, kesesuaian jumlah dan jenis. Persyaratan lainnya lengkap dan yang terakhir pemberian perlakuan desinfeksi.

SobatQ, burung-burung tersebut sebagian merupakan peliharaan warga yang diserahkan dengan sukarela ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta ada pula yang diamankan petugas BKSDA di Jawa Tengah.

Kakaktua jambul kuning merupakan spesies langka dan harus dilindungi oleh negara. Mari kita jaga jangan sampai punah.

#PatuhKarantina
#KarantinaPertanianKupang