Karantina Pertanian Kupang Gelar Bimtek Gratieks, ini Harapan Sekda Sumba Tengah

Berita - 17 Jun 2021 | 13:20:57 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Karantina Pertanian Kupang Gelar Bimtek Gratieks, ini Harapan Sekda Sumba Tengah
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Sosialisasi Program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) Komoditas Pertanian dalam Rangka Mensukseskan Pembangunan Pertanian di Wilayah Layanan Karantina Pertanian Kupang, di gelar pada Aula Kantor Bupati Sumba Tengah, NTT (11/06/21). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Tengah Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kupang, drh. Yulius Umbu Hunggar pada sambutannya mengatakan, “Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian berkomitmen dalam memfasilitasi serta mendorong akselerasi ekspor komoditas pertanian di Indonesia dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait baik dari pemerintah daerah, dinas-dinas yang membidangi pertanian, peternakan, perkebunan dan perdagangan serta instansi terkait lainnya. Salah satu program Kementerian Pertanian yang sedang dijalankan tahun ini adalah Progam Gratieks yaitu gerakan peningkatan ekspor pertanian yang digagas oleh Presiden RI yang kemudian disambut oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dengan program Gratieks."

Yulius berharap gerakan ini mampu meningkatkan ekspor komoditas pertanian melalui upaya penguatan aktivitas produksi (on farm) maupun aktivitas pasca produksi (off farm). Kemudian mendorong pengusaha dan pelaku usaha pertanian untuk melipat gandakan produksi dan para eksportir didorong agar melipat gandakan lalu lintas ekspor komoditas pertanian menjadi tiga kali lipat sampai tahun 2024.

“Gratieks merupakan langkah strategis program jangka panjang dalam meningkatkan sisi produksi hingga 7% per tahun, sekaligus merealisasikan arahan Presiden dan Menteri Pertanian dalam mendorong roda ekonomi nasional,” jelas Yulius.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si mengungkapkan,  “Tantangan pembangunan pertanian hari ini dan kedepan adalah pada kesiapan kelembagaan, sumber daya manusia pertanian, etos kerja, sarana prasarana, infrastruktur pertanian, peningkatan produksi dan mutu produksi, pertanian orientasi pasar dan penguasaan teknologi untuk meningkatkan daya saing komoditi pertanian."

“Perhatian Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui momentum pembangunan dibidang pertanian cukup siginifikan sehingga saya tegaskan kepada dinas-dinas kemakmuran dapat mengoptimalkan berbagai sumber daya dan peluang dalam sinergi pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang terukur dan dirasakan manfaatnya,” lanjut Pajangu.

“Saya berharap melalui kegiatan Gratieks ini dapat memberikan dampak bagi geliatnya perekonomian daerah untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan memulai apa yang ada dan dimiliki petani, untuk bina potensinya, bina orangnya dan bina usahanya,” pungkas Pajangu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah, Umbu K. Pari, SP, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ainy Umbu Sulung, S.Pt serta para pengusaha peserta bimtek.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang