Kacang NTT Diminati Timor Leste

Berita - 29 Mar 2019 | 19:52:14 WITA

Diposting Oleh : drh. Yulius Umbu Hunggar


Kacang NTT Diminati Timor Leste
Ekspor kacang ke RDTL melalui PLBN Mota ain

Kacang NTT Diminati Timor Leste

Kupang - Siapa yang tidak kenal produk pertanian yang satu ini, biji kacang-kacangan. Kaya protein nabati dan juga lemak tumbuhan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, biasa dijadikan bahan makanan yang lezat. Perlu SobatQ ketahui, kacang hijau dan kacang tanah banyak sekali ditanam oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) loh..

Kamis lalu (28/03) kantor wilayah kerja Mota'ain kedatangan seorang bapak yang hendak mengekspor 25 ton kedelai, 1,25 ton kacang hijau dan 250 kg kacang tanah. Cukup banyak. Jika dinilai dalam rupiah mencapai Rp. 196.750.000. Biji kacang-kacangan ini akan dikirim ke Negara Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) oleh pemiliknya.

"Permintaan masyarakat di Timor Leste cukup banyak," ujar pemilik.

Bapak ini datang ke kantor untuk melaporkan bawaannya kepada petugas. Tidak lupa membawa serta seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Karena sudah terbiasa melapor ke petugas, bapak ini sudah tau prosedur karantinanya. Sesudah mengajukan permohonan ke petugas, petugas langsung melakukan pemeriksaab fisik komoditas yang dibawa. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kebenaran jenis, jumlah dan volume antara dokumen dan barang yang dibawa.

Setelah semuanya sesuai, petugas Karantina Kupang segera menerbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan untuk disertakan dalam komoditas tersebut.

Biji-bijian sehat bisa segera diberangkatkan ke Negara Timor Leste.

#LaporKarantina????????
#KarantinaKupang