Dinyatakan Aman, 14 Ton Bibit Bawang Putih Berlayar ke Ende

Berita - 08 Sep 2022 | 14:29:29 WITA

Diposting Oleh : Syahidah Ulya


Dinyatakan Aman, 14 Ton Bibit Bawang Putih Berlayar ke Ende

Kupang (7/9) Pejabat Karantina Pertanian Kupang melakukan pemeriksaan terhadap 14 ton bibit bawang putih yang akan dikirim ke Ende, Nusa TenggaraTimur (NTT). Bibit bawang putih tersebut merupakan bentuk bantuan dari pemerintah provinsi NTT untuk para petani bawang di NTT.

Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik dan kelengkapan dokumen, yang dilaksanakan oleh Muhammad Halim Pudjomustika selaku pemeriksa karantina tumbuhan bersama mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, yang sedang mengikuti program magang di Karantina Pertanian Wilayah Kerja Bolok sebagai bahan pembelajaran di lapangan. 

Bibit bawang putih yang sudah dinyatakan aman dari organisme pengganggu tumbuhan karantina ini kemudian diangkut dari gudang pemilik dan siap dilalulintaskan dengan tujuan Kota Ende, NTT melalui Pelabuhan Penyeberangan Bolok. 

Kepala Karantina Pertanian, Yulius Umbu Hunggar berharap, "Para mahasiswa peserta magang dapat memahami tugas dan fungsi karantina serta proses tindakan karantina pertanian, serta dapat menjadi pelopor pencegahan masuk maupun keluarnya OPTK dari suatu daerah ke daerah lainnya". 

Setiap pemasukan dan pengeluaran komoditas pertanian, SobatQ jangan lupa lapor karantina ya.