Bertempur dengan 600 Ekor Sapi Potong

Berita - 23 Jul 2019 | 10:19:42 WITA

Diposting Oleh : drh. Yulius Umbu Hunggar


Bertempur dengan 600 Ekor Sapi Potong
pengambilan sampel darah di IKH Wilker Wini

Bertempur dengan 600 Ekor Sapi Potong

oleh: Humas Karantina Kupang

Kupang - SobatQ, menjelang Hari Raya Iduladha permintaan pengiriman sapi potong dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin meningkat. Salah satunya adalah Pulau Kalimantan. Hari ini (22/7) Petugas Karantina Pertanian Kupang wilayah kerja (wilker) Atapupu melakukan pengambilan darah sapi potong sebanyak 600 sampel.

SobatQ, pengambilan darah sapi tujuan Kalimantan ini wajib 100% dari jumlah yang akan dikirim. 
Mengapa demikian ya?? 
Nih kita kasih tau alasannya. Sampai saat ini, Pulau Kalimantan merupakan daerah yang masih bebas dari penyakit hewan menular Brucellosis. Sehingga untuk mencegah penyakit itu masuk ke daerah tersebut, hewan yang akan didatangkan wajib diperiksa seluruhnya di tempat asal.

Seperti yang kita ketahui bersama Brucellosis itu sendiri merupakan penyakit zoonosis yang dapat menular ke manusia. Maka dari itu perlu dicegah masuk dan tersebarnya ke daerah Kalimantan.

Dengan semangat para petugas mengambil sampel darah sapi sebanyak 600 ekor. Lokasi pengambilan darah berada pada vena jugularis. Darah diambil dengan menggunakan needle dan vacum tubee serta diberi kode sampel.

Sampel darah dibawa ke laboratorium serologi untuk dilanjutkan uji RBT (Rose Bengal Test). Tujuannya untuk mengetahui dan memastikan bahwa komoditas tersebut bebas dari Brucellosis.

Ayo SobatQ bersama melindungi negeri dengan mencegah masuk dan keluarnya Hama Penyakit Hewan Karantina dari suatu area ke area lain..

#LaporKarantina ????????
#KarantinaPertanianKupang