Anjing Pelacak Diperiksa Karantina Pertanian Kupang, Sebelum Diperbantukan di Lokasi Bencana

Berita - 09 Apr 2021 | 15:04:13 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Anjing Pelacak Diperiksa Karantina Pertanian Kupang, Sebelum Diperbantukan di Lokasi Bencana
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Anjing pelacak dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta Selatan dan Surabaya sejumlah 5 ekor diturunkan ke lokasi terdampak Badai Siklon Tropis Seroja di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu siang (7/4/2021).

Anjing dengan jenis Golden Retriever dua ekor dan satu ekor berjenis Belgian Malinois asal Jakarta serta satu ekor jenis Gembala Jerman dan satu ekor jenis Doberman asal Surabaya mendarat dengan selamat di Bandar Udara Eltari, Kupang. Anjing-anjing tersebut terlihat aktif dan dalam kondisi sehat.
 
Kelima anjing tersebut dilengkapi Sertifikat Kesehatan Karantina Hewan dari daerah asal serta dilaporkan kepada pejabat Karantina Pertanian di tempat pemasukan.

Selanjutnya, Pejabat Karantina Pertanian Wilayah Kerja Bandar Udara Eltari (Wilker Eltari) melakukan pemeriksaan baik fisik maupun administrasi. "Pemeriksaan menunjukkan kesesuaian dokumen dengan fisiknya", ujar Alfonsus Liurai Manlea.

"Setelah dipastikan sehat, diharapkan anjing-anjing pelacak tersebut dapat membantu proses evakuasi di daerah Lembata, Adonara dan Alor, sehingga korban yang hilang segera ditemukan", tambah Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang